/
Lifestyle

Tips Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi dengan Efektif

23
×

Tips Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi dengan Efektif

Sebarkan artikel ini
Tips Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi dengan Efektif

Merangkai.com – Memiliki sebuah garasi sebagai rumah bagi kendaraan Anda tentu sangat membantu dalam merawat dan menjaga kondisi mobil.

Namun, apa jadinya jika Anda tidak memiliki garasi? Apakah mobil Anda akan cepat rusak dan memudar warnanya? Ternyata, walaupun tanpa garasi, Anda tetap bisa merawat mobil kesayangan dengan baik. Simak tips berikut ini.

1. Gunakan Sarung Mobil

Menggunakan sarung atau cover mobil adalah cara sederhana namun efektif dalam melindungi mobil Anda dari debu, panas matahari, atau bahkan kotoran burung.

Jika Anda memilih untuk menggunakan sarung mobil, pastikan Anda memilih yang berkualitas tinggi dan tahan lama.

Sarung mobil bagus biasanya akan melindungi mobil dari UV dan memiliki lapisan dalam yang halus untuk mencegah goresan pada body mobil.

2. Rutin Membersihkan Mobil

Membersihkan mobil secara teratur adalah penting, terutama bagi mobil yang tidak diparkir di dalam garasi. Saat mobil Anda terparkir di bawah pohon atau di tepi jalan, mobil bisa menjadi tempat favorit bagi burung-burung untuk “meninggalkan jejak”.

Baca Juga: Cara Merawat Mobil Matic, Intip Tipsnya Agar Tetap Awet

Kotoran burung dan tanah dapat merusak cat jika dibiarkan terlalu lama, maka dari itu sebaiknya bersihkan mobil minimal seminggu sekali.

3. Melakukan Poles dan Waxing

Untuk menjaga cat mobil tetap kinclong dan terlindung dari paparan sinar matahari, Anda bisa melakukan poles dan waxing.

Kedua treatment ini akan membantu menyegel permukaan cat, memberikan lapisan proteksi tambahan, dan membantu memperbaiki goresan atau baret ringan pada cat mobil.

Anda bisa melakukannya sekali dalam beberapa bulan atau jika kondisi mobil terlihat kusam.

4. Melindungi Interior Mobil

Selain luaran, bagian dalam mobil juga penting untuk dijaga. Kenali, apa bahan yang digunakan dalam interior Anda, apakah itu kulit atau kain, dan gunakan produk pembersih yang sesuai.

Jika memungkinkan, gunakan penutup jendela atau sun shade untuk melindungi interior mobil dari panas dan sinar matahari langsung.

5. Servis Rutin

Tidak adanya garasi juga berarti mobil Anda lebih sering terkena paparan polusi dan debu. Oleh karena itu, pengecekan dan servis rutin sangat penting untuk menjaga kondisi mesin mobil Anda tetap prima.

Pastikan untuk melakukan pengecekan dan pergantian oli, filter udara, dan komponen lainnya sesuai dengan petunjuk manual buku servis mobil Anda.

Mengurus mobil tanpa garasi mungkin membutuhkan sedikit usaha ekstra, tapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Dengan tips di atas, Anda bisa menjaga mobil tetap bersih dan berfungsi dengan baik, meski tanpa garasi.

Ilustrasi foto: pixabay/652234