/
Lifestyle

Cara Merawat Mobil Matic, Intip Tipsnya Agar Tetap Awet

26
×

Cara Merawat Mobil Matic, Intip Tipsnya Agar Tetap Awet

Sebarkan artikel ini
Cara Merawat Mobil Matic, Intip Tipsnya Agar Tetap Awet

Merangkai.com – Mobil matic kini menjadi pilihan banyak pengguna mobil di dunia, termasuk di Indonesia.

Kemudahan dalam pemakaian dan kenyamanan saat berkendara menjadikan mobil matic favorit, baik bagi pemula maupun pengendara berpengalaman.

Meski begitu, perawatan mobil matic memerlukan tips khusus. Berikut adalah cara merawat mobil matic yang bisa Anda coba:

1. Pemeriksaan Rutin pada Sistem Transmisi

Transmisi otomatis merupakan komponen vital pada mobil matic. Pastikan Anda memeriksa dan melakukan perawatan rutin pada sistem transmisi. Ganti fluida transmisi sesuai jadwal yang dianjurkan di buku manual kendaraan Anda. Fluida transmisi yang kotor atau usang dapat mengurangi performa dan membahayakan transmisi.

2. Hindari Pengereman Mendadak

Pengereman mendadak dapat menyebabkan beban ekstra pada sistem transmisi. Cobalah untuk memperlambat kendaraan dengan lembut dan perlahan. Dengan begitu, Anda tidak hanya menjaga transmisi, tetapi juga komponen lainnya seperti ban dan suspensi.

3. Merawat Sistem Pendingin

Sistem pendingin berperan penting menjaga suhu ideal pada mesin mobil. Pastikan radiatir dan komponen sistem pendingin lainnya berfungsi dengan baik. Ganti coolant atau cairan pendingin sesuai dengan petunjuk pada buku manual.

Baca Juga: Uji Emisi, Apa Itu dan Kenapa Penting?

4. Pemilihan Oli Mesin yang Tepat

Oli mesin berfungsi melumasi komponen mesin, termasuk pada sistem transmisi. Pilih oli mesin yang sesuai untuk jenis mobil matic Anda dan ganti secara rutin sesuai petunjuk dari produsen.

5. Persneling harus dalam Kondisi “P” saat Parkir

Saat parkir, posisikan persneling mobil pada huruf “P”. Otomatis, saat persneling sudah berada pada posisi “P”, mobil tidak akan bergerak meski sedang berada di tanjakan.

6. Hindari Mengganti Persneling Saat Mobil Masih Bergerak

Mengganti posisi tuas transmisi otomatis (P,R,N,D) saat kendaraan masih bergerak bisa merusak sistem transmisi. Pastikan mobil dalam keadaan berhenti total saat Anda ingin mengganti posisi tuas transmisi.

Perawatan pada mobil matic sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mobil manual.

Bila Anda merawatnya dengan baik dan melakukan pengecekan rutin sesuai jadwal yang disarankan, dijamin kendaraan Anda akan awet dan tetap nyaman dikendarai.