/
Lifestyle

Cara Merawat Mobil Matic yang Jarang Dipakai

25
×

Cara Merawat Mobil Matic yang Jarang Dipakai

Sebarkan artikel ini
Cara Merawat Mobil Matic yang Jarang Dipakai

Merangkai.com – Meski jarang digunakan, mobil juga perlu dirawat untuk menjaga performa dan kondisinya tetap prima.

Salah satunya adalah mobil dengan transmisi otomatis atau matic. Berikut ini adalah cara merawat mobil matic yang jarang dipakai agar tetap lancar saat digunakan.

1. Perhatikan Penggunaan Bahan Bakar

Jika mobil Anda jarang dipakai, sebisa mungkin pastikan untuk tidak menyimpan terlalu banyak bahan bakar di dalam tangki.

Bahan bakar yang tersimpan lama dalam tangki mobil dapat menyebabkan timbulnya endapan-endapan yang dapat merusak sistem bahan bakar.

Sebaiknya isi tangki hanya setengah atau sepertiga penuh jika mobil akan dibiarkan beristirahat beberapa minggu.

2. Rutin Hidupkan Mobil

Mobil yang tidak pernah dihidupkan sama sekali selama berhari-hari bisa berisiko menyebabkan kerusakan pada baterai.

Sebaiknya hidupkan mobil setidaknya sekali dalam seminggu selama 15 sampai 30 menit. Dengan ini, seluruh komponen di dalam mesin akan mendapatkan sirkulasi oli dan baterai tetap terisi.

3. Periksa Ban Mobil

Ban juga perlu diperhatikan, karena jika mobil jarang dipakai, ban bisa mengalami deformasi karena terus menopang beban mobil dalam waktu lama.

Pastikan tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrik. Jika memungkinkan, lakukan rotasi ban agar beban dapat tersebar secara merata.

4. Ganti Oli Mesin

Oli mesin memiliki kecenderungan untuk mengendap pada bagian bawah mesin jika dalam waktu lama mobil tidak dipakai.

Hal tersebut dapat berakibat fatal pada pelumas mesin yang menjadi tidak merata. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pergantian oli mesin secara rutin setiap 5.000-10.000 km sesuai pedoman dari pabrik, meskipun mobil jarang dipakai.

5. Rawat Transmisi Otomatis

Transmisi otomatis perlu di cek fluidanya secara berkala untuk memastikan tidak ada kebocoran dan harus tetap dalam kondisi yang baik.

Baca Juga: Tips Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi dengan Efektif

Jika ada kelainan, misalnya getaran atau suara yang tidak wajar, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk pemeriksaan mendalam.

6. Lindungi dari Paparan Sinar Matahari

Jika memungkinkan, parkirkan mobil di tempat yang teduh atau dalam garasi untuk melindunginya dari paparan sinar matahari secara langsung yang dapat merusak cat.

Merawat mobil dengan transmisi otomatis yang jarang dipakai memang memerlukan perhatian khusus. Namun, dengan perawatan yang baik, Anda dapat memastikan mobil Anda tetap dalam kondisi prima walau jarang dipakai.