/
Olahraga

Mengapa Tubuh Sakit Setelah Olahraga? Cek Penyebab dan Pencegahannya Disini

51
×

Mengapa Tubuh Sakit Setelah Olahraga? Cek Penyebab dan Pencegahannya Disini

Sebarkan artikel ini

Merangkai.com – Setelah sesi olahraga yang intens, apakah Anda merasa tubuh Anda sakit dan pegal? Itu bukanlah hal yang tidak biasa.

Justru, ini adalah bagian normal dari proses adaptasi tubuh Anda terhadap latihan fisik, terutama jika Anda baru memulai atau baru menambahkan beban latihan.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Rasa Sakit Setelah Olahraga

DOMS: Delayed Onset Muscle Soreness

Hal ini dikenal sebagai “nyeri otot yang terjadi beberapa saat setelah olahraga”. Ini biasanya terjadi 24-72 jam setelah olahraga, terutama setelah Anda melakukan jenis olahraga atau latihan yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya atau kala Anda meningkatkan intensitas latihan Anda.

Trauma Mikroskopik pada Otot

Ketika Anda berolahraga, terutama olahraga yang melibatkan pengangkatan beban, Anda secara teknis menyebabkan trauma mikroskopik atau kerusakan kecil pada serabut otot.

Tubuh Anda merespons ini dengan perbaikan dan penggantian, yang akhirnya akan memperkuat otot Anda seiring waktu.

Penanggulangan dan Pencegahan

Istirahat dan Pemulihan

Pastikan Anda memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk istirahat dan pulih setelah olahraga. Ini bisa berarti mengambil hari libur di antara sesi latihan atau memastikan Anda tidur cukup di malam hari.

Aktif Recovery

Ini bisa melibatkan latihan ringan seperti berjalan kaki atau berenang, yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi dan memfasilitasi pemulihan otot.

Peregangan dan Penskalaan

Pastikan melakukan peregangan dinamis sebelum berolahraga dan peregangan statis setelah berolahraga. Juga, jika Anda baru memulai regimen olahraga atau telah meningkatkan intensitasnya, beri tubuh Anda waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Nutrisi dan Hidrasi yang Baik

Air dan nutrisi adalah kunci untuk pemulihan, jadi pastikan Anda minum cukup cairan dan menjalani diet yang seimbang, kaya akan protein dan karbohidrat kompleks, untuk memaksimalkan pemulihan dan pertumbuhan otot.

Ingatlah, rasa sakit setelah olahraga adalah bagian normal dari proses peningkatan kebugaran.

Namun, jika Anda merasakan nyeri yang tajam atau persisten atau jika Anda merasa tidak nyaman dengan tingkat rasa sakit Anda, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan atau pelatih olahraga anda.