/
Nasional

Cara Cek BI Checking, Panduan Praktis dan Mengapa Penting

47
×

Cara Cek BI Checking, Panduan Praktis dan Mengapa Penting

Sebarkan artikel ini
BI Checking

Merangkai.com – BI Checking, yang juga dikenal sebagai SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK, adalah sistem yang digunakan oleh Bank Indonesia untuk mengamati dan mencatat riwayat kredit para nasabah.

Semua bank dan lembaga keuangan yang memberikan pinjaman wajib melaporkan riwayat pinjaman nasabah mereka ke BI.

Informasi yang dapat Anda peroleh dari BI Checking antara lain adalah:

Jumlah pinjaman yang sedang berjalan,
Status pembayaran (lunas, belum lunas, masalah, atau macet),
Peringkat kredit Anda, biasanya dalam bentuk angka dari 1 hingga 5.

Keterlambatan atau pembayaran pinjaman yang tidak tepat waktu akan menghasilkan nilai BI Checking yang buruk, yang berpotensi mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan pinjaman atau kredit di masa mendatang.

Mengapa Penting?

Melakukan BI Checking penting karena memungkinkan Anda untuk mengetahui status kredit Anda dan memastikan bahwa semua informasi yang dilaporkan adalah benar.

Jika terdapat kesalahan pada laporan, Anda dapat segera memperbaikinya agar tidak merusak nilai kredit Anda.

Baca Juga: Ansor Banser Juwana, Siap Mengisi Kemerdekaan RI dengan Menjaga Keberagaman Agama dan Budaya di Nusantara

Lebih jauh, mengetahui peringkat kredit Anda berguna jika Anda berencana untuk mengajukan produk kredit di masa depan, seperti pinjaman, KPR, atau kartu kredit.

Lembaga keuangan akan menggunakan informasi ini untuk menilai apakah Anda layak mendapatkan kredit atau tidak.

Cara Melakukan BI Checking

1. Cek Melalui Bank: Anda dapat pergi ke bank atau lembaga keuangan tempat Anda bertransaksi dan meminta informasi BI Checking Anda. Bank biasanya bisa memberikan cetakan laporan kredit Anda.

2. Cek Melalui Online: Anda juga dapat melakukan BI Checking secara online melalui aplikasi SLIK OJK. Anda cukup mengunduh aplikasi tersebut, melakukan registrasi dan membuat akun, dan mengikuti instruksi yang tertera untuk mendapatkan laporan kredit Anda.

Anda dapat mendapatkan cetak hasil SLIK atau BI Checking secara gratis dua kali dalam setahun, lebih dari itu akan dikenakan biaya sekitar Rp20.000 sampai Rp25.000 per cek.

Tips Untuk Mempertahankan Score Kredit yang Baik

Setelah mengetahui cara melakukan BI Checking, berikut ini adalah beberapa tips untuk mempertahankan atau meningkatkan score kredit Anda:

Bayar Tepat Waktu: Pastikan Anda membayar semua tagihan dan kredit tepat waktu. Ini adalah faktor paling penting dalam menentukan score kredit Anda.

Kelola Pinjaman dengan Bijak: Jangan mengambil pinjaman lebih dari yang Anda butuhkan atau lebih dari kemampuan Anda untuk membayar kembali.

Periksa Secara Rutin: Rutin melakukan BI Checking memastikan bahwa semua informasi tentang kredit Anda akurat dan up-to-date.

BI Checking adalah alat penting yang bisa membantu Anda memahami status kredit dan kelayakan Anda dalam mengajukan pinjaman atau kredit.

Memastikan Anda memiliki score kredit yang baik dan melacaknya secara rutin dapat sangat membantu dalam perencanaan keuangan Anda.

Ingatlah untuk selalu mengelola pinjaman dan kredit Anda dengan bijak dan memastikan semua tagihan dibayar tepat waktu.