/
Nasional

Apa Lambang Gerakan Pramuka Indonesia dan Apa Artinya?

33
×

Apa Lambang Gerakan Pramuka Indonesia dan Apa Artinya?

Sebarkan artikel ini

Merangkai.com – Gerakan Pramuka Indonesia sebagai organisasi kepanduan nasional memiliki lambang atau logo yang unik dan kaya akan simbolisme.

Lambang tersebut, dikenal sebagai “Tunas Kelapa” memiliki makna mendalam dan mencerminkan nilai-nilai yang terkandung dalam Gerakan Pramuka.

Deskripsi Lambang Gerakan Pramuka Indonesia

Lambang Gerakan Pramuka Indonesia memiliki desain sederhana namun sarat makna. Logo ini berbentuk segitiga dengan garis tepi merah.

Di dalam segitiga tersebut terdapat gambar tunas kelapa yang masih muda dengan tiga helai daun.

Makna Lambang Gerakan Pramuka Indonesia

Masing-masing elemen dalam lambang Gerakan Pramuka memiliki makna dan simbolisme tersendiri, yang masing-masingnya berhubungan dengan nilai-nilai dasar yang dianut dan diajarkan oleh Pramuka.

Segitiga

Bentuk segitiga pada lambang melambangkan Pancasila, ideologi dasar negara Indonesia.

Bentuk ini menunjukkan bahwa Gerakan Pramuka berlandaskan pada Pancasila dan berusaha mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Garis Tepi Merah

Garis merah yang mengelilingi segitiga simbolisasi semangat dan kepahlawanan yang harus dimiliki oleh setiap anggota Pramuka.

Ini juga menggambarkan keberanian dan tekad kuat untuk menghadapi segala tantangan.

Tunas Kelapa

Tunas kelapa yang tergambar di dalam lambang merupakan representasi dari anggota Pramuka itu sendiri. Tunas, atau pucuk, dari pohon kelapa adalah bagian yang paling muda dan dinamis yang merepresentasikan anggota muda Pramuka.

Tunas memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang, sama seperti anggota muda Pramuka yang memiliki potensi untuk berkembang dan menjadi pemimpin di masa depan.

Tiga Helai Daun

Tiga daun yang tumbuh dari tunas kelapa melambangkan Tri Satya Pramuka, yaitu tiga janji atau sumpah yang harus dipegang teguh oleh setiap anggota Pramuka.

Tri Satya ini mencakup janji kepada Tuhan dan negara, janji untuk membantu orang lain dan masyarakat, dan janji untuk menghargai diri sendiri dan orang lain.

Secara keseluruhan, lambang Gerakan Pramuka Indonesia adalah representasi dari nilai-nilai yang dianut dan diajarkan oleh organisasi ini.

Melalui simbol ini, setiap anggota Pramuka diajarkan untuk selalu berlandaskan Pancasila, berani dan pahlawan, memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang baik dan bertanggung jawab, serta selalu memegang teguh janji dan kewajiban mereka.